Halaman

Selasa, 10 Juli 2012

Cara Membuat Komputer Lebih Cepat

    Cara Membuat Komputer Lebih Cepat - Apakah komputer anda jadi lambat? Sulit menjalankan aplikasi? Hehehe pasti sobat membaca artikel ini karena komputer sobat melambat kan? Atau cuma ingin tau aja? 

    Oke, udahan basa-basinya.Saya memiliki solusi cara membuat komputer  lebih cepat.Cara-cara berikut ada yang gratis ataupun berbayar bagi yang memiliki uang.Ada juga yang memerlukan usaha rutin.Baiklah berikutlah caranya.

1.Hilangkan Virus dan Spyware
   Mungkin ini adalah penyebab yang paling sering menyebabkan komputer menjadi lambat.Saya punya pengalaman dulu, komputer saya lama kelamaan semakin lambat.Saya sudah telusuri internet untuk mencari solusinya tetapi tetap saja tidak ampuh.Karena sudah sangat amat lambat akhirnya saya install ulang dan semua data saya hilang (maklum gak di backup hehe).Saya pun baru sadar itu pasti virus, karena komputer saya suka dicolok flashdisk dari banyak komputer.Sejak saat itu saya pasang anti-virus seperti Avira atau MalewareBytes.Kesimpulannya pasang antivirus.Karena kemungkinan besar komputer menjadi lambat karena ini.

2.Hapus file-file yang tidak diperlukan secara rutin
    
    Dengan menghapus file-file yang tidak digunakan, komputer sobat bisa bekerja lebih cepat.Seperti :
  • Hapus internet temporary files
  • Hapus file di Recycle Bin
  • Hapus file file yang sudah tidak diperlukan 
     
3.Defrag komputer

    Gunakan Disk Defragment yang sudah disiapkan oleh windows untuk mempercepat komputer sobat.Untuk info dan caranya klik link dibawah :
    

4.Gunakan ReadyBoost

    ReadyBoost merupakan salah satu fitur yang hanya terdapat di Windows 7 dan Vista.ReadyBoost menggunakan free space USB untuk dijadikan tambahan memory (RAM) sehingga komputer bisa bekerja lebih cepat.Berikut caranya pada Windows 7.

 1.Colokkan USB atau flash memory card.
 2.Klik kanan pada USB, Klik Properties.
 3.Klik Tab ReadyBoost.
 4.-Untuk menonaktifkan ReadyBoost, Klik Do not use this device
   - Untuk mengaktifkan ReadyBoost , Klik Dedicate this device to ReadyBoost
   - Untuk mengaktifkan sekaligus mengatur jumlah free space yang akan digunakan klik use this device
 5.Jika sudah Klik OK.

5.Gunakan External Harddrive

    Jika sobat memiliki banyak file tetapi tidak ingin menghapusnya, maka gunakanlah external harddrive.Masukkan musik, video atau file file lainnya untuk mengurangi beban komputer.

6.Kurangi aplikasi pada Start up

    Maksudnya adalah aplikasi yang berjalan saat Windows dijalankan.Aplikasi-aplikasi ini terkadang mengurangi RAM komputer dan menyebabkan komputer menjadi lambat.Berikut cara menguranginya di Windows 7.

1.Klik Start, lalu ketikkan dan klik pada msconfig
2.Klik tab startup
3.Uncheck aplikasi yang tidak di butuhkan seperti dalam hal saya adalah uTorrent.
4.Klik OK.

(NOTE : Dalam tab startup tersebut terdapat aplikasi yang tidak boleh di uncheck.seperti Microsoft Operating System.)

   Masih banyak sekali cara-cara lainnya, tetapi menurut saya ini sudah cukup.Semoga tips cara membuat komputer lebih cepat ini dapat membantu sobat semua.Selamat Mencoba!


    
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar